Asal Usul Nyi Nyi Roro Kidul

Kanjeng Ratu Nyi Roro kidulMisteri Cerita Nyi Roro Kidul Ratu Pantai Selatan, nama beliau begitu familiar di tanah air indonesia ini. Nyi Roro Kidul merupakan sosok roh halus atau dewi legendaris di Indonesia dan sangatlah popular di kalangan kelompok orang-orang Pulau Jawa serta Bali. Tokoh ini di kenal juga sebagai Ratu Laut Pantai Selatan (Samudra Hindia) serta dengan cara umum disamakan dengan Kanjeng Ratu Kidul, walau sebagian banyak orang atau kelompok sesungguhnya keduanya tidak sama. Berikut ini akan saya ceritakan seputar Asal Usul Nyi Roro Kidul. Baik Sekarang saya mulai pembahasan, Nyi Roro Kidul adalah dewi pelindung pengumpul sarang burung di selatan Jawa. Beberapa pengumpul menuruni tebing memakai tali serabut kelapa sampai seputar ketinggian sembilanmeter. (30 kaki) diatas permukaan laut. Di sana, mereka menanti arus ombak diatas teras bambu, lalu terjun serta terbawa arus masuk ke gua. Dalam kegelapan keseluruhan, mereka mengambil sarang burung serta memasukkan dalam tas mereka. Perjalanan pulang juga sangatlah beresiko serta memerlukan saat yang pas, supaya tak terbawa ombak yang ganas.

Legenda Nyi Roro Kidul

Sarang burung Jawa adalah salah satu sarang burung paling baik didunia. Sup sarang burung yang di pasarkan di China, Thailand, Malaysia, serta Singapura didedikasikan pada Nyai Loro Kidul, sekian menurut tulisan Sultan Agung. Ada tiga type panen, yakni Unduan-Kesongo (April), Unduan-Telor (Agustus, paling banyak), serta Unduan-Kepat (Desember). Rongkob serta Karang Bolong yang ada di pantai selatan Jawa Tengah populer juga sebagai tempat menghimpun sarang burung walet (dimaksud Salanganen atau Collocalia fuciphaga). Sistem panen populer lantaran juga dikerjakan pertunjukan wayang dan tarian ritual yang diiringi musik gamelan. Sesudah panen usai, orang-orang memberi persembahan yang dimaksud ” Ranjang Nyai Loro Kidul “. Persembahan itu digantung berbarengan dengan kain batik serta cermin yang ditempatkan diatas bantal berwarna hijau.
Nyi Roro Kidul (juga Nyai Roro Kidul atau Nyai Loro Kidul) yaitu sesosok roh atau dewi legendaris Indonesia yang sangatlah popular di kelompok orang-orang Pulau Jawa serta Bali. Tokoh ini di kenal juga sebagai Ratu Laut Selatan (Samudra Hindia) serta dengan cara umum disamakan dengan Kanjeng Ratu Kidul, walau sebagian kelompok sesungguhnya keduanya tidak sama.
Dalam mitologi Jawa, Kanjeng Ratu Kidul adalah ciptaan dari Dewa Kaping Telu yang isi alam kehidupan juga sebagai Dewi Padi (Dewi Sri) serta dewi alam yang lain. Sedang Nyi Rara Kidul awalnya adalah putri Kerajaan Sunda yang diusir ayahnya lantaran tingkah ibu tirinya. Dalam perubahannya, orang-orang condong menyamai Nyi Rara Kidul dengan Kanjeng Ratu Kidul, walau dalam keyakinan Kejawen, Nyi Rara Kidul yaitu bawahan setia Kanjeng Ratu Kidul.
Kedudukan Nyai Loro Kidul juga sebagai Ratu-Lelembut tanah Jawa jadi motif popular dalam narasi rakyat serta mitologi, terkecuali juga dikaitkan dengan kecantikan putri-putri Sunda serta Jawa.
Nyai Roro Kidul juga di kenal dengan beragam nama yang mencerminkan beragam cerita tidak sama dari asal-usulnya, legenda, mitologi, serta cerita turun-temurun. Ia umum di panggil dengan nama Ratu Laut Selatan serta Gusti Kanjeng Ratu Kidul. 1 Menurut adat-istiadat Jawa, pemakaian gelar seperti Nyai, Kanjeng, serta Gusti untuk menyebutnya sangatlah utama untuk kesopanan. Beberapa orang juga menyebutnya juga sebagai eyang (nenek). Dalam bentuk sejenis putri duyung, ia dikatakan sebagai Nyai Blorong.

656 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Pencarian Terkait di Situs ParanormalKudus.com:

  • Paranormal patai salatan